Home » , » Tuntutan Guru sebagai Inspirator

Tuntutan Guru sebagai Inspirator

Written By SDIT BINAUL UMMAH on Senin, 06 Mei 2013 | 04.58

Oleh Miyarti SPd MM
Guru SD 1 Genuksari UPTD Kecamatan Genuk Kota Semarang
Rumusan empat kompetensi inti (penghayatan dan pengamalan agama, sikap, keterampilan, dan pengetahuan) melandasi pengembangan kompetensi dasar pada setiap kelas, berkait pemberlakuan kurikulum 2013 di Jateng. Perubahan standar isi menjadi fokus pada kompetensi yang dikembangkan menjadi mata pelajaran, melalui pendekatan tematik integratif.
Perubahan standar proses tersebut memerlukan perubahan strategi pembelajaran. Artinya guru wajib merancang dan mengelola proses pembelajaran aktif yang menyenangkan. Dia harus dapat memfasilitasi peserta didik untuk mengamati, bertanya, mengolah, menyajikan, menyimpulkan, dan mencipta.
Pada jenjang sekolah dasar (SD) di Kota Semarang, perubahan struktur kurikulum memancing reaksi pro dan kontra, terkait dengan pengintegrasian mata pelajaran (mapel) IPA dan IPS ke dalam mapel Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Bahasa Indonesia, dan Matematika
Integrasi kompetensi dasar yang biasanya diwadahi dalam mapel IPA dan IPS, ke dalam mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia, menuntut guru di provinsi ini untuk terus mengembangkan kompetensi profesional dan pedagogi. Upaya itu supaya proses pembelajaran tematik integratif bisa mengantarkan peserta didik mencapai standar kompetensi lulusan.
Secara teoritis, keberhasilan kurikulum butuh proses panjang, dari kristalisasi berbagai konsep ideal tentang pendidikan, perumusan desain kurikulum, persiapan pendidik dan tenaga kependidikan hingga penilaian pembelajaran. Dalam konteks ini, keberhasilan itu sangat ditentukan oleh komitmen pemegang otoritas pendidikan di Jateng, pengembangan kapasitas guru, dan desain penilaian.
Perubahan berkait dengan kurikulum 2013 harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pendidik. Adagium itu mendasarkan pada pengertian bahwa kurikulum itu penting tapi guru jauh lebih penting. Seandainya guru tidak berkemampuan maksimal, hasil yang dicapai pun tidak maksimal.
Guru bukan hanya menjadi pengajar di depan kelas melainkan sekaligus harus bisa menjadi inspirator bagi siswa. Melalui berbagai pelatihan, penulis optimistis bisa muncul sosok guru sekaligus inspirator. Kurikulum tak akan pernah sempurna mengingat perkembangan pendidikan juga menyesuaikan dengan tuntutan zaman.
Teladan Siswa
Kita tidak memungkiri ada beberapa hal yang harus dikoreksi dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 yang menjadi penekanan penyusunan kurikulum 2013. Semisal konten terlalu padat (banyak mapel, kemeluasan materi, dan tingkat kesukaran yang melampaui usia anak). Selain itu belum sepenuhnya berbasis kompetensi, dan belum menggambarkan secara holistik domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan.
Penciptaan siswa yang kreatif dan inovatif mensyaratkan kehadiran guru yang lebih kreatif sekaligus inovatif menyiapkan materi, penilaian, dan metode penyampaian yang menyenangkan. Tentunya dengan tetap memperhatikan kesiapan psikologi siswa.
Guru perlu menyikapi rencana perubahan itu supaya lebih siap mental. Secara garis besar tuntutan kurikulum baru itu adalah mempersiapkan generasi yang mampu bersaing dalam era teknologi informasi yang berkembang cepat. Selain itu, bisa beradaptasi pada tantangan global, dan memberikan solusi permasalahan terkini.
Untuk itu, tantangan guru juga tidak ringan sehingga mulai saat ini harus selalu mengikuti perkembangan informasi terkini dan bisa menjadi teladan bagi peserta didik. Hal lain yang tidak kalah penting adalah mampu mengimplementasikan kurikulum baru itu dalam kegiatan belajar mengajar yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan.
Guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum baru, diharapkan menyiapkan diri mengingat kurikulum baru itu bertujuan antara lain mendorong peserta didik lebih baik dalam mengobservasi, bertanya, bernalar, mengomunikasikan, dan mempresentasikan apa yang mereka peroleh setelah menerima materi pembelajaran
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template | PKS PIYUNGAN
Copyright © 2011. SDIT BINAUL UMMAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger